Pupuk alternatif dari dapur anda

Untuk menjaga kesuburan tanaman di pekarangan tidak lah terlalu sulit. Biasanya kita terpaku pada penggunaan pupuk kandang serta pupuk kimia namun sebenarnya ada cara mudah, praktis serta murah meriah untuk memberi nutrisi bagi tanaman kesayangan.

Sumber nutrisi bagi tanaman yang berasal dari dapur diantaranya adalah:

1. Ampas kopi

Bila anda atau anggota keluarga lainnya penggemar kopi tubruk yaitu minuman kopi yang dibuat dengan cara tradisional, menambahkan bubuk kopi ke dalam air mendidih diaduk lalu didiamkan beberapa saat sebelum dinikmati agar ampas kopi mengendap pada dassar gelas atau cangkir.

Nah tebarkan ampas kopi tersebut di sekitar bagian akar tanaman terutama yang memerlukan tingkat keasaman tanah tinggi seperrti tomat, mawar. Selain itu ampas kopi juga dapat mengusir siput.

2. Air bekas cuci beras, daging/ikan

Sejak kecil sering melihat Ibu mengumpulkan air cucian beras serta daging/ikan kedalam ember yang kemudian didiamkan beberapa hari, bau yang ditimbulkan sangat tidak nyaman namun khasiatnya dinikmati oleh tanaman terutama tanaman buah dan sayuran.

3. Vetsin

Bila anda suka memasak dengan menambahkan vetsin/mecin (MSG: Monosodium Glutamate) kedalam masakan untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih berbagi lah dengan tanaman di rumah. Vetsin atau lebih dikenal dengan MSG ini dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman baik tanaman buah maupun bunga.

Taburkan sekitar 1 sendok teh pada tanah sekitar tanaman sebelum melakukan penyiraman, lakukan setiap 10 hari sekali.

Selamat mencoba!!!

No comments:

Post a Comment